8 Jenis Backlink Untuk SEO Off Page

8 Jenis Backlink Untuk SEO Off Page

Berbicara mengenai backlink, ada sekitar 8 Jenis Backlink Untuk SEO Off Page yang cukup berkualitas dan tentunya dapat anda gunakan dalam menaikan SERP (Search Engine Results Page) dengan lebih mudah.

Kenali 8 Jenis Backlink Untuk Seo Off Page

Karena seperti yang anda ketahui, untuk mengoptimasi off page sendiri tentunya dibutuhkan backlink. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kriteria backlink yang berkualitas dan dapat anda gunakan dengan tepat, diantaranya :

Jenis Backlink yang Relevan

Kriteria pertama muncul dari jenis backlink yang berasal dari topik atau bahkan niche yang relevan. Pasalnya dengan backlink tersebut tentunya konten yang anda miliki pun akan terlihat lebih natural dan bagus bagi search engine. Selain itu, link dari website yang relevan juga tidak akan mengganggu visitor, dan justru bisa mendapatkan jauh lebih banyak klik dari mereka yang mengunjunginya.

Contextual Link

Contextual link dikenal sebagai links yang berada di bagian dalam konten. Jenis backlink yang satu ini dikenal dengan kualitas terbaik yang dimilikinya karena jenis links yang berada di dalam artikel tersebut biasanya lebih relevan dengan isi artikel yang dimilikinya, dan tentu saja sesuai dengan kriteria dari jenis backlink di bagian atas tadi.

High PR

Google dikenal sebagai mesin pencari yang memberikan kepercayaan tinggi bagi pagerank yang semakin tinggi. karena itulah backlink yang umumnya berasal dari domain dan hadir dengan pagerank tinggi, maka akan dikenal dengan kualitas terbaik yang dimilikinya. Hal ini dapat dibuktikan utamanya apabila dibandingkan dengan backlink dari situs yang memiliki PR rendah, seperti PR0 atau bahkan PR N/A.

Aged Domain

Apabila suatu web tertentu memiliki authority tinggi, maka dapat dipastikan bahwa usia domain dari web itu sendiri pun telah lama. Pasalnya sangat jarang situs web yang memiliki PR 4 atau bahkan PR 5 apabila kehadirannya baru dalam hitungan bulan saja, terkecuali untuk jenis web dengan domain yang berasal dari redirect atau take, serta domain drop.

Trafik tinggi

Dalam hal ini jenis backlink berkualitas dan dapat digunakan untuk SEO off page umumnya berasal dari jenis link yang berada di website tertentu dengan trafik tinggi, sehingga kualitas yang dimilikinya pun dapat dinyatakan lebih bagus dibandingkan dengan link lain yang terdapat di situs atau pun website dengan trafik rendah.

Low Outbound Links

Untuk backlink berkualitas yang satu ini dikenal pula sebagai jenis link yang berkenaan dengan link juice. Dalam hal ini untuk mendapatkan backlink dengan outbound link atau jenis link keluar yang banyak, maka akan mengurangi tingkat efektivitas backlink itu sendiri. Hal ini terjadi karena link tersebut harus dibagi dengan link lainnya yang terdapat di dalam satu halaman tertentu.

Unik (Different)

Untuk mendapatkan backlink yang berasal dari website pada hosting berbeda tentunya IP yang berbeda pun akan turut mempengaruhi website yang anda miliki di bagian mesin pencari. Dengan kata lain, jika backlink yang anda dapatkan berasal dari IP yang berbeda, maka kemungkinan besar backlink tersebut pun bukanlah manipulasi, seperti halnya jenis backlink yang dibuat dari website itu sendiri.

Dofollow Attribute

Dofollow dikenal sebagai jenis link yang akan dihitung oleh pihak Google sebagai jenis vote bagi website yang anda miliki. Terkecuali untuk nofollow yang justru berarti sebaliknya. Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan 7 jenis backlink berkualitas di bagian atas tadi, namun jika ke-7 bagian tersebut bukanlah dofollow, maka anda pun bisa mendapatkan kerugian dan bukannya membantu proses optimasi dari SEO off page yang anda inginkan.

Itulah kiranya uraian singkat mengenai 8 Jenis Backlink Untuk SEO Off Page dengan kriteria berbeda yang dapat anda lakukan atau gunakan dengan lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *